Featured, Travelling

5 Tempat Sejarah di Yogyakarta Yang Unik Dan Menarik Untuk Dikunjungi

Kota Yogyakarta seakan menyuguhkan banyak hal menarik yang bisa diulas, mulai dari budayanya, kuliner, objek wisata hingga tempat sejarah di Yogyakarta. Tidak heran, jika banyak artikel yang berisi tentang ulasan mengenai Yogyakarta.

Sebagai daerah istimewa, Yogyakarta tentu menyimpan banyak tempat sejarah yang bisa dikunjungi dan digali informasinya. Ada apa saja sih di Yogyakarta???

1.       Kampung Pacinan Ketandan

Tempat Sejarah di Yogyakarta Yang Unik Dan Menarik

Letaknya yang berada di pusat Malioboro seringkali membuat banyak orang tidak sadar bahwa perkampungan ini menyimpan cerita sejarah. Kampung Pacinan Ketandan dulunya sebuah tempat yang banyak melahirkan pengusaha sukses Tionghoa. Beberapa usaha dari orang Cina yang terbilang sukses seperti Toko Obat Bah Gemuk dan Toko Roti Djoen yang mampu bertahan hingga ratusan tahun.

2.       Museum Sasmitaloka

Di Jalan Bintaran Wetan 3, terdapat suatu bangunan rumah yang sangat bersejarah yaitu Museum Sasmitaloka. Museum ini pada awalnya merupakan rumah yang pernah dihuni oleh pak Jendral Sudirman. Berbagai barang peninggalan milik pak Jendral Sudirman ada disini seperti baju, tempat tidur, tandu dan lainnya. Untuk bisa masuk ke dalam Museum Sasmitaloka, pengunjung hanya perlu mengisi buku tamu alias gratis.

3.       Taman Sari

Taman Sari pada zaman dulu digunakan sebagai tempat peristirahatan istri raja sehingga lokasinya dibuat dengan indah. Terdapat sebuah kolam dengan air yang jernih dan juga pancuran. Kini, Taman Sari banyak dikunjungi khususnya oleh kaula muda untuk sekedar bersantai atau berfoto ria.

4.       Benteng Vredeburg

Satu lagi bangunan peninggalan pada zaman dulu yang masih ada hingga sekarang yaitu Benteng Vredeburg. Benteng ini digunakan oleh kolonial Belanda untuk mengawasi kegiatan yang ada di keraton. Lokasi Benteng Vredeburg sendiri terletak di ujung Jalan Malioboro. Untuk bisa memasuki bangunan Benteng Vredeburg, pengunjung diharuskan membayar tiket masuk sebesar 2 ribu rupiah.

5.       Kotagede

Ingin merasakan suasana kota dengan latar tempo dulu? Datang saja ke Kotagede. Disini, terdapat sekitar 170 bangunan tua dan bersejarah yang bisa kita lihat langsung ketika berkunjung. Rata-rata bangunan tua yang ada sudah berusia ratusan tahun karena diperkirakan dibangun pada rentang waktu tahun 1700-1900an. Beberapa bangunan bersejarah yang menarik untuk dikunjungi adalah Rumah Tradisional Jawa, Mesjid Kotagede, Kompleks Pemakaman Kerajaan dan juga Benteng zaman dulu.

Dari 5 tempat sejarah di Yogyakarta yang sudah dibahas, manakah yang menarik minat kamu untuk datang berkunjung??? Jika kamu ingin pergi ke Yogyakarta dalam waktu dekat dengan menggunakan bus, pastikan untuk pemesanan tiketnya melalui REDBUS.ID .

Semoga informasi tentang wisata tadi bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel ini hingga akhir.Salam!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *