Lifestyle

Ingin Mendaki dengan Sandal Gunung Outdoor? Ketahui Hal Ini Dahulu!

Bagi sebagai orang, mendaki gunung menjadi suatu hobi tersendiri dan seakan menjadi candu. Untuk mendaki gunung, diperlukan persiapan yang matang tidak hanya fisik namun juga perlengkapan seperti sandal gunung outdoor . Perlengkapan yang bisa lebih mudah dibeli di toko online ini, kerap menjadi pilihan bagi sebagian orang karena alasan tertentu. Namun, sebelum mendaki menggunakan sandal gunung, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui seperti kelebihan dan kekurangannya.

Sandal Gunung Outdoor

Kelebihan menggunakan sandal gunung untuk mendaki adalah praktis. Untuk menggunakan sandal gunung Anda hanya perlu menggunakan kaos kaki, bahkan ada beberapa yang tidak menggunakan kaos kaki, dan kemudian menggunakan sandal. Jika dibandingkan dengan menggunakan sepatu, penggunaan sandal gunung lebih mudah tidak hanya saat dikenakan namun juga saat dilepaskan, apalagi di saat tertentu misalnya saat hendak wudhu. Karena hal tersebut, banyak yang menggunakan sandal gunung untuk mendaki.

Kedua adalah karena ringan. Umumnya, sandal gunung outdoor memiliki bobot yang lebih berat jika dibandingkan dengan sandal pada umumnya, karena bagian alasnya memang didesain menggunakan bahan yang keras agar bisa membuat kaki lebih kokoh saat bergerak apalagi jika Anda membawa beban yang cukup berat. Namun, jika dibandingkan dengan sepatu gunung, bobotnya jauh lebih ringan. Karena ringan tersebut, maka membuat kaki lebih mudah untuk melangkah terutama saat mendaki.

Ketiga adalah karena harganya yang murah. Sandal gunung di pasaran, tidak hanya di toko peralatan dan perlengkapan outdoor namun juga di toko online terpercaya, memiliki harga yang umumnya berkisar Rp 100-200 ribuan. Jika dibandingkan dengan sepatu gunung yang harganya bisa mencapai Rp 500 ribuan lebih, sandal gunung menjadi alternatif alas kaki yang ekonomis yang bisa dipilih terutama oleh pendaki pemula yang ingin merasakan sensasi naik gunung.

Keempat adalah awet untuk digunakan. Sandal gunung saat ini dibuat dengan bahan yang berkualitas dan bahkan ada yang awet hingga bertahun-tahun. Sandal outdoor tersebut bisa lebih awet digunakan jika tidak terlalu sering terkena air ataupun minyak yang bisa mempengaruhi kekuatan dari lem yang dipergunakan pada sandal gunung tersebut sehingga sandal rusak dan mau tidak mau harus diganti.

Walaupun sandal outdoor bisa dipergunakan untuk naik gunung atau mendaki, akan tetapi, penggunaan sandal gunung juga memiliki kelemahan yang harus Anda ketahui adalah tidak bisa memberikan perlindungan yang maksimal seperti halnya sepatu gunung. Sandal memiliki design yang terbuka dan hanya mempergunakan tali sebagai pengikatnya. Walaupun tali tersebut dari polyester dan menggunakan serat nylon, namun masih tetap ada kemungkinan tapi tersebut putus atau penghubung webbing yang rusak dan patah.

Beberapa hal yang bisa saja terjadi atau resiko penggunaan sandal gunung outdoor untuk mendaki adalah:

  • Di beberapa medan tidak aman untuk digunakan. Sandal gunung memang sudah dilengkapi dengan grip yang akan membantu sandal tersebut mencengkeram tanah dengan lebih baik. Akan tetapi, di medan tertentu misalnya di area bebatuan atau yang penuh dengan ranting, sandal gunung tidak bisa melindungi kaki Anda walaupun Anda menggunakan kaos kaki sekalipun.
  • Bagian sela jempol dan telunjuk yang sakit atau perih terutama saat digunakan untuk menuruni gunung setelah hujan atau di jalan yang licin. Bagian pergelangan kaki juga bisa sakit karena tekanan dari penghubung tali webbing pada sandal.
  • Kurang bisa melindungi kaki dari hewan misalnya dari lintah, ular ataupun hewan yang lainnya.
  • Kerikil bisa masuk ke sandal dan melukai kaki Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *